Renov Rumah
Asha Manunggal

Proses renov rumah saat ini bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja mengingat kebutuhan renovasi yang berbeda-beda untuk setiap orangnya. Namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan sebelum melakukan proses renovasi rumah ini. Tentunya hal ini digunakan untuk menghindari terjadinya kerugian dan kesalahan dalam proses berjalannya.

Tips melakukan renov rumah yang tepat

I. Membuat sebuah perancangan yang matang

Sebelum memilih jasa renov rumah yang baik tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah perencanaan yang matang dan juga penganggaran yang baik untuk menghindari adanya kesalahan atau list yang tertinggal dari bagian rumah yang seharusnya direnovasi secepatnya. Untuk perancangan matang ini haruslah dimulai dari data dari beberapa ruangan atau sudut yang membutuhkan renovasi yang akut sampai yang masih rusak ringan.

Membuat perancangan yang matang juga bisa membuat ketahanan rumah menjadi lebih stabil karena skala prioritas renovasi membuat kerusakan yang parah akan lebih didahulukan sementara kerusakan ringan bisa dikerjakan kemudian. Perencanaan yang matang juga akan membuat pengeluaran menjadi lebih tertata dan tidak asal dalam menentukan bagian yang paling penting untuk dibenarkan.

II. Sistem pembayaran dengan borongan

Untuk menghemat pengeluaran bagi renovasi rumah minimalis yang bisa dilakukan adalah memilih sistem pembayaran borongan dimana dengan sistem borongan akan membuat harga untuk setiap macam bahan yang dibutuhkan menjadi lebih murah. Membeli barang bangunan dengan sedikit-sedikit justru membuat harganya menjadi lebih mahal. Namun jika membeli dengan sistem borongan akan mendapatkan harga potongan yang cukup menguntungkan.

Inilah yang menjadi keunggulan dari perencanaan yang matang dimana setiap kebutuhan bisa ditulis dengan rapi dan juga keperluan bahan bangunan jug akan lebih jelas dan terbeli dengan lengkap.

III. Gunakan material yang bagus

Untuk menghemat biaya renovasi rumah yang bisa dilakukan adalah menggunakan material yang bagus. Material yang bagus tidak harus bahan yang baru atau import, jika Anda masih memiliki bahan sisa pembangunan namun masih layak untuk dipakai maka pakai saja bahan yang sudah ada. Selain hemat biaya sekalian menggunakan bahan yang tersimpan di gudang secara maksimal.

IV. Pilih tukang yang profesional

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan tukang yang berkualitas dan profesional. Tukang atau pekerja yang profesional nyatanya mampu membuat bangunan menjadi lebih cepat dikerjakan dan juga lebih tahan lama untuk penggunaannya. Tukang yang profesional nyatanya selain memberikan hasil yang cepat namun bisa mengemat biaya juga meskipun biaya awal yang dikeluarkan memang mahal.

Namun biaya mahal ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Jadi bisa dibilang sebagai bahan investasi untuk jangka panjang yang menguntungkan. Hasil kerja yang profesional selain bisa tetap kokoh nyatanya juga tidak perlu banyak perawatan di dalamnya.

V. Ubah furnitur sesuai dengan kreativitas

Memiliki furnitur lama namun ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang baru? Cobalah! Karena hal ini adalah keputusan yang bagus daripada membeli sebuah furnitur baru. Furnitur yang lama bisa disulap menjadi sesuatu yang baru jika dirawat dan diperbaiki dengan seksama. Furnitur lama akan menjadi sesuatu yang unik jika Anda berhasil menyulapnya menjadi suatu barang baru yang lebih bermanfaat untuk rumah Anda.

Beberapa furnitur terkadang hanya terlihat usang dan kotor sehingga membutuhkan proses pengecatan atau pembersihan biasa tanpa harus membeli furnitur yang baru. Tentu saja hal ini akan menekan biaya pengeluaran untuk renovasi. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam renov rumah yang maksimal.

Baca Juga : 5 Tips memilih kontraktor rumah mewah

UNTUK KONSULTASI LEBIH LANJUT, CONTACT US:

CALL / WA : +62-852-167-50634

Email :  info@ashamanunggal.co.id