Kontraktor Bangun Rumah
Asha Manunggal

Menggunakan jasa kontraktor bangun rumah untuk beberapa orang memang menjadi hal yang sering dilakukan. Hal ini karena dengan menggunakan kontraktor juga akan lebih menghemat biaya dan juga lebih efisien. Anda tidak perlu bingung untuk mengurusnya sendiri karena sudah menggunakan jasa renovasi rumah. Akan tetapi ketika memilih kontraktor yang perlu memperhatikan beberapa hal. Selain itu Anda sebagai konsumen atau klien juga perlu menanyakan beberapa hal yang penting terkait kontraktor tersebut. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa Anda ajukan.

Ajukan pertanyaan ini saat sewa kontraktor bangun rumah

A. Jenis proyek yang ditangani

Kontraktor merupakan sebuah jasa dalam pembangunan rumah yang sudah secara resmi terdaftar, para pekerja yang bekerja di sana juga adalah orang-orang yang memang sudah ahli dalam bidang pekerjaannya. Akan tetapi saat memilih kontraktor Anda juga perlu untuk menyesuaikan dengan profil dari kontraktor tersebut.

Jika memang sudah sesuai perhatikan juga dengan bagaimana kualitas dari hasil pekerjaannya sebelumnya. Anda tidak perlu ragu untuk menanyakan atau memverifikasi kualitas dan kredibilitas dari hasil pekerjaannya tersebut.

B. Sistem perjanjian

Sebelum melakukan proyek pada kontraktor rumah mewah, penting untuk dilakukan kesepakatan antara klien dan jasa kontraktor tersebut. Kesepakatan tersebut biasanya dalam bentuk kontrak kerja atau perjanjian. Hal-hal yang perlu disepakati dalam kontrak kerja seperti jangka waktu pengerjaan proyek, sistem pembayaran, harga, konsekuensi atau garansi hingga lingkup pengerjaan proyek.

Pastikan Anda sudah memahami isi kontrak kerja tersebut dengan baik. Jika ada poin yang mungkin kurang jelas atau justru merugikan salah satu pihak, jangan ragu untuk bertanya bahkan menuntut isinya. Selain itu hak dan juga kewajiban dari kedua belah pihak juga harus ditulis dan dijelaskan secara rinci.

C. Waktu pengerjaan proyek

Mengetahui dan juga memastikan bahwa proyek tersebut bisa terlaksana dan selesai tepat pada waktunya adalah hal yang penting. Pastikan waktu pengerjaan proyek tersebut bisa sesuai dengan yang sudah tertulis pada kontrak kerja. Meskipun kontraktor menginginkan perpanjangan waktu, pastikan juga dengan jelas penyebab atau alasannya seperti kondisi cuaca, kendala yang ada di lapangan hingga kurangnya persediaan di lapangan.

Beberapa faktor tersebut terkadang memang bisa membuat kendala dalam waktu pengerjaan proyek. Akan tetapi juga hindari untuk terlalu memberikan waktu kelonggaran untuk memperpanjang waktu penyelesaian.

D. Sistem pembayaran

Jika menggunakan jasa renovasi rumah atau kontraktor biasanya terdapat dua jenis sistem pembayaran yang umum digunakan. Pertama adalah pembayaran bertahap dan sistem cost and fee. Perbedaan dari kedua sistem pembayaran ini adalah dari masa pembayaran dan juga siapa pengelola proyek tersebut.

Untuk sistem pembayaran bertahap biasanya ada 4 tahapan untuk membayar atau melunasi. Mulai dari melakukan DP sekitar 20 hingga 30% dari total keseluruhan biaya, pembayaran tahap dua, hingga ke pelunasan akhir saat proyek sudah selesai. Sedangkan untuk proyek dengan sistem cost and fee, Anda sebagai pengguna jasa atau klien hanya membayar anggaran di setiap bulannya.

E. Siapa penanggung jawab proyek

Pertanyaan terakhir yang perlu Anda tanyakan pada kontraktor bangun rumah adalah siapa yang menjadi penanggung jawab proyek tersebut. Penanggung jawab proyek memiliki tanggung jawab mengenai hasil akhir dari proyek kepada kliennya. Penanggung jawab proyek juga akan menyampaikan secara langsung mengenai kendala dan juga progres kerja dari proyek tersebut. Oleh karena itu penting untuk mengetahui siapa yang akan menjadi penanggung jawab dari proyek tersebut. Dengan begitu Anda sebagai klien juga bisa mengetahui kondisi pengerjaan proyek yang ada di lapangan.

Baca Juga : Material yang digunakan dalam jasa pembuatan rumah

UNTUK KONSULTASI LEBIH LANJUT, CONTACT US:

CALL / WA : +62-852-167-50634

Email :  info@ashamanunggal.co.id