Jasa Gambar Arsitek
Asha Manunggal

Ada beberapa tahap yang perlu dilewati dalam mengikuti proses jasa gambar arsitek baik online maupun offline. Tentu saja prosesnya tidak begitu panjang namun memerlukan ketelatenan dan kedetailan di dalamnya. Bahkan untuk setiap prosesnya bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan para pemesannya, bisa lebih pendek maupun semakin panjang.

Mengenal proses jasa gambar arsitek

I. Memasukkan data dan kondisi tanah

Tahapan gambar arsitek yang pertama adalah memasukkan data dan kondisi tanah dimana nantinya akan dibangun rumah. Pada tahapan ini yang dilakukan adalah mengukur setiap kebutuhan ruangannya. Kemudian membuat garis yang menentukan setiap zonasi dan denah rumahnya. Zonasi rumah ini dibedakan menjadi beberapa macam seperti privat, semi privat dan publik.

Sebelum membuat denah rumah secara detail biasanya penyedia jasa ini akan membuat sebuah garis dan coret-coretan untuk mempersingkat waktu dalam memberikan tanda pada dimensi dan hubungan antar ruang dalam rumah yang akan dibangun nantinya. Proses ini adalah proses yang paling krusial dan menentukan keberhasilan terhadap tahapan yang selanjutnya. Sehingga pengerjaannya akan membutuhkan konsentrasi dan waktu yang lumayan lama.

II. Penentuan ukuran setiap ruangannya

Hal selanjutnya yang dilakukan pada tahapan proses gambar arsitek adalah pengukuran setiap ruangannya. Pada tahap ini pembuat desain dan pemakai jasa akan mendiskusikan setiap ide yang akan dijadikan masukan terhadap baik buruknya bentukan rumah dan setiap ruangan yang akan ada di dalamnya. Setiap keinginan pembeli jasa bisa saja terwujud bisa juga tidak jika dirasa memang kondisinya tidak memenuhi.

Di sini yang lebih banyak dilakukan adalah proses pengukuran untuk setiap ruangan yang akan ada di dalam rumah tersebut. Hal ini digunakan untuk memaksimalkan ukuran rumah yang akan dibuat nantinya. Penyedia jasa pastinya akan memberikan masukan ketika permintaan pembeli jasa dirasa kurang tepat atau akan membuat ruangan nantinya tidak nyaman untuk ditinggali.

III. Pembuatan Denah dan Zonasi Secara Detail

Tahap selanjutnya yang dilakukan oleh jasa desain arsitek adalah membuat desain denah dan zonasi yang lebih akurat dan detail. Tentu saja data dari proses ini didapatkan dari kedua tahap yang telah dilakukan sebelumnya. Biasanya para penyedia jasa sudah memiliki beberapa pilihan yang bisa dipilih oleh pembeli jasa dalam penempatan denah dan zonasi untuk setiap ruangannya.

Kemudian bisa langsung dipakai atau sekedar membutuhkan sedikit perubahan untuk penempatan ruangannya. Bisa juga kebutuhan jumlah ruang seperti kamar tidur dan kamar mandi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembeli desainnya. Denah dan zonasi ini akan digunakan untuk pembuatan desain pada tahap selanjutnya.

IV. Pembuatan Desain 3D

Di sini desain dari denah dan zonasi sudah bisa dinikmati sedikit nyata dengan kedetailan yang lebih baik lagi. Dalam tahap ini pastinya akan banyak perubahan dan penyesuaian untuk revisi menjadi yang lebih baik.

V. Render Desain

Pada tahap ini pendesain memberikan visualisasi yang lebih nyata terhadap kondisi bangunan rumah yang akan dihasilkan nantinya. Render dilakukan dua tahap yaitu tahap awal atau preview untuk mendapatkan beberapa masukan dari pembelinya. Barulah membuat render final yang prosesnya bisa sampai satu hari.

VI. Pembuatan Desain Kerja

Gambar ini akan berisi ukuran-ukuran secara detail yang akan digunakan untuk proses pembangunannya. Ukuran dan desainnya dibuat untuk mudah dipahami bagi para pembuat bangunannya.

VII. Pembuatan Desain Interior

Tahap terakhir adalah memaksimalkan isi dari ruangan dengan memberikan contoh desain interior yang cocok dengan bentuk rumah dan setiap ruangannya.

Itulah beberapa tahap yang dilakukan dalam jasa gambar arsitek untuk membantu pembangunan desain rumah Anda.

Baca Juga : Contoh inspirasi jasa desain rumah online

UNTUK KONSULTASI LEBIH LANJUT, CONTACT US:

CALL / WA : +62-852-167-50634

Email :  info@ashamanunggal.co.id